TUGAS 1 – Penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar

Standard

Penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar

Bagaimana menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar?

Untuk itu saya akan menjelaskan bagaimana menggunakan bahas yang baik dan benar. Bahas yang baik adalah bahasa yang di gunakan secara halus,sopan santun dan sesuai dengan situasi. Bahasa adalah sebagai alat komunikasi, sebagai alat komunikasi bahasa harus efektif dan tepat dalam menyampaikan atau berkomunikasi dengan lawan jenis. Komunikasi tidak akan sempurna bila ekspresi diri kita tidak diterima atau dipahami oleh lawan bicara, jadi dalam hali ini respon pendengar atau lawan bicara yang menjadi perhatian utama kita.

Berbahas yang baik dan benar mepunyai beberapa konsikuensi logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan kondisi dan situasi. Pada kondisi tertentu, pada situasi formal penggunaan bahasa Indonesia yang benar menjadi prioritas utama. Kendala yang harus di hindari dalam pemakaian bahasa antara lain disebabkan oleh adanya bahasa seperti bahasa gaul yang untuk saat ini banyak digunakan oleh remaja-remaja jaman sekarang, tanpa disadari mereka sudah merusak penggunaan bahasa yang baik.

Inilah contoh menggunakan bahasa yang baik dan benar :

Di kehidupan sehari-hari bahasa yang baik dan benar sudah dapat diterapkan namun, banyak pembicara yang salah menggunakan nya, salah satu contohnya adalah “ berapa nih bu bayamnya?” dan seharusnya yang benar adalah “berapakah ibu menjual bayamnya?”

Dan ini contoh bahasa yang baik dan benar dalam percakapan :

Ramdan           : Apa yang sedang kamu lakukan?

Nisa                 : Saya sedang mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan besok,

apakah kamu sudah?

Ramdan           : Sudah saya kerjakan.

Nisa                 : Baiklah kalo begitu.

Dan dari kedua contoh diatas kita dapat membedakan bagaimana menggunakan bahasa yang baik dan benar.

 

Fungsi Bahasa sebagai alat komunikasi

Sebagaimana dengan judul fungsi bahasa sebagai alat komunikasi, bahasa sebagai alat komunikasi sangat lah penting dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa sebagai alat komunikasi merupakan alat untuk merumuskan kita. Dengan komunikasi kita dapat menyampaikan semua yang kita rasakan, pikirkan dan ketahui kepada oranglain.

Dengan komunikasi, kita dapat mempelajari dan mewarisi semua yang pernah dicapai oleh nenek moyang kita dan apa yang telah dicapai oleh orang-orang sejaman kita.

Bahasa sebagai alat komunikasi mempunayi fungsi utama bahasa adalah penyampaian pesan atau maksan oleh seseorang kepada orang lain. Keterikatan dan keterkaitan bahsaa dengan manusia menyebabkan bahsa tidak tetap dan selalu berubah seiring dnegan perubahan kegiatan manusia dalam kehidupan masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s