TUGAS 5 BAHASA INDONESIA II

Standard

Buatlah sebuah contoh paragraf yang berkaitan dengan bidang anda sekarang.

1.Generalisasi
Berdasarkan data keuangan tahun 2012, laba yang didapatkan oleh perusahaan PT Makmur Jaya adalah sebesar 750 juta rupiah. Dimana pada tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2011 perusahaan mampu menghasilkan laba sebesar 525 juta rupiah. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mengalami kenaikan dalam menghasilkan laba sebesar 225 juta rupiah atau naik sebesar 30% dari tahun sebelumnya. Laporan menjadi evaluasi perusahaan tentang kinerja perusahaan mereka. Pihak manajemen pun dipuji atas keberhasilan menghasilkan laba bagi perusahaan yang naiknya 30% dari tahun sebelumnya.

2.Analogi
Dalam Fakultas Ekonomi terbagi dua jurusan yaitu akuntansi dan manajemen. Akuntansi dan manajemen memiliki perbedaan dalam masing-masing profesi dan bidang pekerjaannya. Lulusan akuntansi profesinya adalah auditor specialist, akuntan publik, akuntan pendidik, akuntan pemerintah & pajak, akuntan manajemen (perusahaan), analyst dan lainnya sedangkan lulusan manajemen profesinya adalah manajer, wirausahawan, eksekutif perusahaan, CEO, pialang pasar modal, kepala divisi, eksportir dan lainnya. Dalam bidang pekerjaan, seorang lulusan akuntansi dapat mengambil posisi lulusan manajemen contohnya dapat menjadi manajer sedangkan lulusan manajemen tidak dapat atau kemungkinan kecil dapat mengambil posisi atau pekerjaan lulusan akuntansi contohnya tidak dapat menjadi seorang akuntan. Namun demikian, keduanya tetap memiliki kesamaan yaitu masih dalam bidang ekonomi.

3.Sebab-akibat (kausalitas)
Seperti yang kita ketahui, di Indonesia, korupsi sudah amat sangat mendarah daging di berbagai kalangan masyarakat. Beberapa waktu lalu, seorang yang bekerja di kantor pajak yaitu Gayus Tambunan berhasil melakukan korupsi besar-besaran. Secara tidak langsung, sosok orang pajak memiliki nilai negatif di mata masyarakat. Banyak uang pajak yang mereka korupsi. Sekalipun semua tergantung dari masing-masing pribadinya. Maka jika kelak kita lulus S1 Akuntansi dan berniat untuk menjadi seorang ahli pajak, kita juga harus siap mental untuk dipandang sebelah mata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s