AKUNTANSI INTERNASIONAL

Standard

BAB 3

AKUNTANSI KOMPARATIF : EROPA

Beberapa Pengamatan Tentang Standard an Praktik Akuntansi

Standar akuntansi merupakan regulasi atau pengaturan (seringkali termasuk hukum dan anggaran dasar) yang mengatur pengolahan laopran keuangan. Susunan standar merupakan proses perumusan standar akuntansi. Jadi, standar akuntasi merupakan hasil dari susunan standar.

Susunan standar akuntansi biasanya menggabungkan kombinasi dan kelompok-kelompok sektor umum dan sektor swasta. Sektor swasta meliputi profesi akuntansi dan kelompok-kelompok lain yang dipengaruhi oleh proses pelaporan keuangan, seperti penggunaan dan penyusunan laporan keuangan dan pegawai. Sektor umum, meliputi perwakilan-perwakilan seperti petugas pajak, perwakilan pemerintahan yang bertanggung jawab atas hukum komersial dan komisi keamanan.

IFRS dalam Uni Eropa

Pada tahun 2002, Uni Eropa menyetujui sebuah aturan akuntansi yang mengharuskan semua perusahaan Uni Eropa yang terdaftar dalam sebuah pasar resmi untuk mengakui IFRS dalam laporan keuangan gabungan mereka, dimulai pada tahun 2005.

Laporan Keuangan

Laporan keuangan IFRS terdiri atas :

  1. Neraca Gabungan
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Laporan Kas
  4. Laporan Perubahan Ekuitas (atau laporan laba rugi dan pengeluaran yang diakui)
  5. Catatan Penjelasan.

Sistem Akuntansi Keuangan Lima Negara

PRANCIS

Prancis merupakan penyokong utama dunia dalam kesamaan akuntansi nasional. Menteri Ekonomi Nasional menyetujui Plan Comptable General (undang-undang nasional) formal yang pertama pada September 1947. Sebuah ketentuan yang telah direvisi mulai berjalan pada tahun 1957.

  • Laporan Keuangan
  1. Neraca
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Catatan atas laporan keuangan
  4. Laporan direktur
  5. Laporan Auditor
  • Patokan Akuntansi

Perusahaan-perusahaan prancis yang terdaftar mengikuti IFRS dalam laporan keuangan gabungan mereka, dan perusahaan-perusahaan yang tidak terdaftar juga mempunyai pilihan ini. Namun, semua perusahaan prancis harus mengikuti regulasi tetap dari ketentuan pada tingkat perusahaan pribadi.

JERMAN

Iklim akuntansi jerman terus berubah semenjak akhir perang dunia II. Pada masa itu, akuntansi bisnis menekan kan daftar akun nasional dan seksional (seperti di prancis).

  • Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

Jerman tidak memiliki fungsi penyusunan standar akuntansi keuangan, karena hanya dipahami oleh negara-negara yang berbahasa inggris. Sistem penyusunan standar akuntansi jerman secara umum sama dengan yang digunakan di inggris, namun penting untuk menekankan bahwa standar GASB merupakan rekomendasi otoriter yang hanya berlaku untuk laporan keuangan gabungan. Standar tersebut tidak membatasi atau mengubah persyaratan HGB.

  • Laporan Keuangan

Undang-undang menetapkan isi dan laporan keuangan, yang mencakup hal-hal berikut :

  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Catatan
  4. Laporan manajemen
  5. Laporan audit

REPUBLIK CEKO

Akuntansi di Republik Ceko telah berganti arah beberapa kali, seiring dengan sejarah politik negaranya. Praktik dan prinsip akuntansinya digambarkan oleh negara-negara berbahasa jerman di Eropa hingga akhir perang dunia II.

  • Laporan Keuangan

Laporan keuangan harus bersifat komparatif, terdiri atas :

  1. Neraca
  2. Akun keuntungan dan kerugian (Laporan laba rugi)
  3. Catatan
  • Pengukuran Akuntansi

Metode Akuisisi (pembelian) digunakan untuk menghitung kombinasi bisnis (penggabungan usaha). Goodwill yang muncul dari kombinasi dimasukan dakan tahun pertama penggabungan atau kapitalisasi dan diamortisasi selama lebih dari 20 tahun. Metode akuisisi digunakan untuk perusahaan-perusahaan rekanan dan penggabungan proporsional digunakan usaha patungan.

BELANDA

Belanda merupakan penyokong awal dari standar internasional untuk akuntansi dan laporan keuangan dan laporan IASB menerima perhatian besar dalam menentukan praktik yang bisa diterima.

  • Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

Dutch Accounting Standards Board (DASB) mengeluarkan pedoman prinsip-prinsip akuntansi yang diterima (tidak terima) secara umum. Dewan ini diisi oleh anggota-anggota dari tiga kelompok yang berbeda, yaitu :

  1. Penyusunan laporan keuangan (para pegawai)
  2. Pengguna laporan keuangan (perwakilan serikat dagang dan analisisn keuangan)
  3. Auditor Laporan keuangan
  • Laporan Keuangan
  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Catatan
  4. Laporan direktur
  5. Informasi lain yang sudah ditentukan

INGGRIS

Inggris merupakan negara pertama didunia yang mengembangkan sebuah profesi akuntansi seperti yang kita kenal saat ini. Konsep kewajaran penyajian dari hasil dan posisi keuangan (kebenaran dan kewajaran) juga berasal dari Inggris.

  • Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

Dua sumber utama untuk standar akuntansi keuangan dikerajaan inggris adalah undang-undang perusahaan dan profesi akuntansi. Undang-undang tersebut berisi aturan valuasi yang luas yang didalamnya akun bisa didasarkan pada harga perolehan atau biaya sekarang.

  • Laporan Keuangan
  1. Laporan Direktur
  2. Akun laba rugi serta neraca
  3. Laporan arus kas
  4. Laporan keseluruhan laba rugi
  5. Laporan kebijakan akuntansi
  6. Catatan yang direferensikan dalam laporan keuangan
  7. Laporan auditor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s