AKUNTANSI INTERNASIONAL

Standard

BAB 4

AKUNTANSI KOMPARATIF : AMERIKA DAN ASIA

Bab 4, akan membahas akuntansi dari lima negara, dua di benua Amerika (Meksiko, dan Amerika Serikat) serta tiga dibenua Asia (Cina, India dan Jepang).

AMERIKA

Akuntansi di Amerika Serikat di atur oleh badan sektor khusus Dewan Standar Akuntansi Keuangan (Financial Accounting Standards Board-FASB), akan tetapi yang menjadi penyokong kewenangan terhadap standardisasi mereka adalah agensi kepemerintahan komisi keamanan dan kurs (securities and exchange commission-SEC).

  • Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

Sistem yang dianut Amerika Serikat tidak memiliki persyaratan legal untuk publikasi mengenai laporan audit periodik keuangan. Perusahaan di amerika serikat dibentuk dibawah hukum negara, bukan hukum federal. Laporan keuangan diperkirakan menampilkan secara jujur mengenai posisi keuangan serta hasil operasional yang sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.

  • Laporan keuangan

Tipe laporan keuangan tahunan pada perusahaan besar di AS memiliki beberapa komponen dibawah ini :

  1. Laporan Manajemen
  2. Laporan auditor manajemen
  3. Laporan keuangan primer (laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas, laba rugi komperhensif, perubahan ekuitas pemegang saham)
  4. Diskusi manajemen dan analisis hasil operasional dan kondisi keuangan.
  5. Penjelasan mengenai kebijakan akuntansi dengan dampak yang paling krisis pada laporan keuangan
  6. Catatan atas laporan keuangan
  7. Perbandingan data keuangan selama lima atau sepuluh tahun.
  8. Data triwulan terpilih
  • Patokan Akuntansi

Peraturan patokan akuntansi di amerika serikat berasumsi bahwa kesatuan bisnis akan terus berlangsung jika terus diperhatikan. Dasar perhitungan akrual cukup meresap, serta peraturan transaksi dan pengenalan event sangat bergantung pada konsep yang cocok.

MEKSIKO

Meksiko memiliki free-market ekonomi yang besar, perusahaan memiliki pemerintahan atau yang dikontrol perusahaan menguasai industry perminyakan dan sarana umum, sedangkan perusahaan swasta mendominasi pabrik, konstruksi, tambang, hiburan, serta industry pelayanan.

  • Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

Sistem yang legal berdasarkan pada hukum publik, pengaturan standardisasi akuntansi meksiko menggunakan pendekatan sistem inggris-amerika atau anglo-saxon, daripada pendekatan Eropa kontinental.

  • Laporan Keuangan
  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan atas perubahan ekuitas
  4. Laporan bisnis
  5. Jadwal terkait
  • Patokan Akuntansi

Meksiko telah mengadaptasi internasional accounting standard no.12 pada penyesuaian pertukaran mata uang asing.

JEPANG

Pembukuan dan laporan keuangan jepang menggambarkan adanya pencampuran daru pengaruh domestik dan internasional. Dua agensi pemerintahan yang terpisah memiliki tanggung jawab regulasi akuntansi, dan terdapat pengaruh yang lebih jauh lagi dari undang-undang pajak penghasilan perusahaan jepang.

  • Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

Pemerintahan nasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap akuntansi jepang. Regulasi akuntansi berdasarkan pada tiga badan hukum, undang-undang perusahaan (company law), undang-undang pertukaran dan sekuritas (Securities and exchange law) dan undang-undang pajak penghasilan perusahaan (corporate income tax law). Ketiga badan hukum tersebut saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain.

  • Laporan Keuangan
  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan atas perubahan ekuitas pemegang saham
  4. Laporan bisnis
  5. Jadwal terkait
  • Patokan Akuntansi

Undang-undang perusahaan membutuhkan perusahaan besar untuk mempersiapkan laporan keuangan gabungan sebagai tambahan. Perusahaan yang terdaftar harus mempersiapkan laporan keuangan gabungan dibawah undang-undang pertukaran dan sekuritas.

CINA

Cina memiliki ¼ populasi dunia dan reformasi orientasi pasarnya membantu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Ekonomi cina saat ini digambarkan sebagai ekonomi hybrid, dimana negara mengontrol komoditas dan industry strategis, sementara industry lainnya, seperti perdagangan dan sektor swasta, ditumbuhkan dengan sistem yang berorientasi pada pasar.

  • Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

Undang-undang akuntansi, hal ini menguraikan prinsip umum akuntansi dan menjelaskan peran pemerintah dan berbagai hal yang diutuhkan dalam prosedur akuntansi

  • Laporan Keuangan
  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan arus kas
  4. Laporan perubahan ekuitas
  5. Catatan
  • Patokan Akuntansi

Cina dimiliki oleh negara, pemerintahan yang berhak untuk menggunakan area dan berhak menggunakan property industry diperlihatkan sebagai asset tidak berwujud. Lembaga penilaian asset atau lembaga CPA yang menentukan semua penilaian ini.

INDIA

Ekonomi india digolongkan dengan bergaya program sosialis pemerintah terpusat dan industri pengganti barang impor. Produksi ekonomi telah berubah dari pertanian, kehutanan, perikanan dan manufaktur tekstil dengan beragam industry berat dan transparansi.

  • Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

Pelaporan keuangan ditunjukan pada saat presentasi wajar dan ada profesi akuntansi independent yang mengatur standar akuntansi dan proses audit.

  • Laporan Keuangan
  1. Neraca dua tahun
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan arus kas
  4. Kebijakan akuntansi
  5. Catatan
  • Pengukuran Akuntansi

Anak perusahaan digunakan ketika induk perusahaan memiliki saham lebih dari setengah kemampuan voting atau mengontrol pengaturan komposisi dewan direktur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s