AKUNTANSI INTERNASIONAL

Standard

BAB 6

TRANSLASI MATA UANG

Alasan Translasi Mata Uang

Perusahaan dengan kegiatan operasional luar negeri yang signifikan mempersiapkan laporan keuangan gabungan yang memberikan laporan pada para pembaca informasi mengenai operasional perusahaan secara global. Proses pelaporan informasi keuangan dari satu mata uang ke mata uang lainnya disebut translasi mata uang asing (translation).

Terdapat tiga alasan tambahan dalam translasi mata uang asing :

  1. Mencatat transaksi mata uang asing
  2. Memperhitungkan efeknya perusahaan terhadap translasi mata uang.
  3. Berkomunikasi dengan peminat saham asing

Latar Belakang dan Terminologi

Translasi mata uang asing merupakan translasi sederhana dalam ekspansi moneter, seperti saat neraca menggunakan poundsterling inggris kemudian disajikan ulang dalam pendanaanya dolar AS. Translasi mata uang asing bisa terjadi langsung dipasar spot, pasar forward atau pasar swap. Pasar spot, kurs dipasar spot dipengaruhi berbagai faktor, termasuk juga perbedaan tingkat inflasi antar negara, perbedaan pada saham nasional, dan ekspektasi mengenai arah tingkat mata uang selanjutnya. Kurs pada pasar spot bersifat langsung atau tidak langsung. Transaksi pada pasar forward adalah persetujuan untuk mentranslasikan sejumlah mata uang yang telah ditetapkan untuk masa yang akan datang. Transaksi swap melibatkan pembelian spot dan penjualan forward yang simultan atau penjualan spot dan pembelian forward mata uang.

Efek Laporan Keuangan terhadap Kurs alternative translasi mata uang asing

Tiga kurs dibawah ini dapat digunakan untuk menstralasikan neraca mata uang asing terhadap mata uang domestik. Pertama, kurs saat ini adalah kurs yang berlaku pada laporan keuangan. Kedua, kurs historis adalah yang merupakan translasi mata uang yang berlaku pada saat asset dan mata uang asing pertama kali didapatkan atau saat kewajiban dengan mata uang asing pertama kali muncul. Yang terakhir, kurs rata-rata adalah nilai rata-rata biasa atau dengan pembobotan baik pada kurs historis pada saat itu.

Transaksi Mata Uang Asing

Transaksi mata uang asing mungkin menggunakan satu mata uang akan dihitung dengan mata uang lain, untuk mengerti alasanya, pertama-tama pertimbangkan gagasan mengenai mata uang fungsional. Mata uang fungsional suatu perusahaan adalah mata uang utama yang digunakan untuk menjalankan bisnis, menghasilkan dan menghabiskan kas.

Perspeketif Transaksi Ganda

Pada perspektif transaksi ganda, penerimaan piutang kron mempertimbangkan kejadian yang terpisah dari penjualan yang memberikan tambahan pendapatan.

Translasi Mata Uang Asing

  • Metode Nilai Tukar Tunggal

Metode nilai tukar tunggal, yang juga diketahui sebagai metode kurs saat ini, telah lama populer di Eropa. Metode ini mengaplikasi nilai tukar tunggal, harga penutupan atau harga saat itu, terhadap semua saham dan utang asing.

Pada metode ini, laporan keuangan operasional asing (yang dilihat oleh induk perusahaan sebagai kesatuan otonom) memiliki beberapa domisili tersendiri, keadaan mata uang local diaman anak perusahaan berbisnis.

  • Metode Nilai Tukar Ganda

Metode Current-NonCurrent

Pada metode current-noncurrent, asset lancar yang dimiliki anak perusahaan saat itu dan utang lancar ditranslasikan kedalam mata uang induk perusahaan mereka pada pelaporan keuangannya dengan kurs saat ini.

Metode moneter-nonmoneter

Metode moneter-nonmoneter juga menggunakan skema klasifikasi neraca untuk menentukan nilai tukar mata uang asing yang sesuai.

Metode Kurs Sementara

Dengan metode kurs sementara, translasi mata uang asing tidak mengubah sifat sebuah item yang dihitung, hal tersebut hanya mengubah unit perhitungan saja. Pada metode kurs sementara, item moneter seperti kas, piutang dan utang ditranslasikan dalam kurs nilai saat itu.

Keuntungan dan Kerugian Translasi Mata Uang Asing

Penangguhan

Meniadakan penyesuaian translasi mata uang asing pada pendapatan lancar biasanya dianjurkan karena penyesuaian tersebut merupakan hasil dan proses penyajian ulang.

Penangguhan Amortisasi

Beberapa perusahaan menangguhkan keuntungan dan kerugian serta mengamortisasi penyesuaian melebihi umur manfaatnya pada masa item neraca terkait.

Penangguhan Sebagian

Hal ini mengimplikasikan bahwa keuntungan dalam jangka panjang, jika memang demikian penangguhan akan menjadi praktik yang patut dipertanyakan.

Tidak ada Penangguhan

Pihak laporan akhir yang dilakukan oleh banyak perusahaan diseluruh dunia adalah mengenali secara cepat mengenai keuntungan dan kerugian translasi mata uang asing dalam laporan laba rugi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s