AKUNTANSI INTERNASIONAL

Standard

BAB I

PENDAHULUAN

A. Sudut Pandang Sejarah

Sebagai permulaan, awal penciptaan akuntansi berawal dari negara-negara kota di Italia pada abad ke-14 dan ke-15. Perkembanganya didorong oleh pertumbuhan perdagangan internasional di italia utara selama masa akhir abad pertengahan dan keinginan pemerintah untuk menemukan cara mengenakan pajak terhadap transaksi komersial, kemudian beralik ke Jerman untuk membantu para pedagang zaman fugger dan kelompok hanseatik.

Singkat kata, akuntansi pembukuan berpasangan mencapai kepulauan inggris. Untuk mengelola dan mengendalikan perusahaan di daerah koloni. Model akuntansi Belanda digunakan juga di Indonesia.

B. Inovasi Keuangan

Manajemen resiko telah menjadi istilah yang populer dalam lingkungan perusahaan dan manajemen. Kerentanan dalam harga komoditas, valuta asing, kredit dan ekuitas menjadi hal yang dewasa hal ini tidak serta-merta langsung berdampak pada proses pelaporan internal, tetapi pada resiko keuangan ekonomis.

C. Kompetisi Global & Marger dan Akuisisi Lintas Batas Negara

Faktor-faktor yang turut menyumbang makin pentingnya akuntansi internasional adalah fenomena kompetisi global penentuan acuan (brenchmarketing), suatu tindakan untuk membandingkan kinerja satu pihak dengan suatu standar yang memadai.

Seiring dengan berlanjutnya tren global atas konsolidasi industry, berita mengenai marger dan akuisisi internasional praktis merupakan kenyataan sehari-hari. Apabila marger umunya diringkas dengan istilah sinergi operasi atau skala ekonomi.

D. Internasional Pasar Modal

Faktor yang mungkin banyak menyumbangkan perhatian lebih terhadap akuntansi internasional dikalangan eksekutif perusahaan, investor, regulator pasar, pembuat standar akuntansi, dan para pendidik ilmu bisnis adalah internasionalisasi pasar modal seluruh dunia. Tiga wilayah dengan pasar modal terbesar adalah wilayah Amerika, Asia Pasifik dan Eropa, termasuk didalamnya Afrika dan Timur Tengah.

AMERIKA

Ekonomi Amerika dan pasar sahamnya mengalami pertumbuhan tanpa henti selama tahun 1990-an. Kapasitas pasar di Amerika dalam persentase terhadap total global berada pada posisi 47,5 persen pada awal tahun 2006. Kuatnya tuntutan kompetisi global, telah membuat komite pengaruran pasar modal, yang anggota-anggotanya ditunjuk langsung oleh SEC dan juga berkoodinasi dengan Dewan Keuangan Federal pemerintahan dan Departemen Keuangan Amerika Serikat, telah menetapkan bahwa Amerika Serikat akan kehilangan pengaruhnya pasar modal dunia kecuali jika Amerika Serikat merampingkan berbagai ketetapan peraturan permodalannya, yang oleh pasar dirasa terlalu memberatkan.

EROPA BARAT

Eropa Berat adalah wilayah pasar ekuitas terbesar didunia dalam kapitalisasi pasar dan volume perdagangan. Eropa menjadi lebih penting dan menarik investor non-institusional, yang hingga pasar Eropa telah tumbuh seiring dengan keberhasilan Persatuan Moneter Eropa (European Monetary Union.

ASIA

Beberapa pemerintahan negara di Asia secara periodic mengumumkan bahwa mereka akan melakukan intervasi dalam pasar ekuitas untuk meningkatkan harga saham dan memanipulasi pasar bukanlah hal yang tidak umum. Namun, pertumbuhan masa depan dalam pasar ekuitas tampak kuat pemerintah dan bursa efek di Asia berada dibawah tekanan untuk memperbaiki kualitas dan kredibilitas pasar untuk menarik para investor.

Pencatatan dan Penerbitan Saham Lintas Batas Negara

Bukti menunjukan bahwa perusahaan penerbitan saham bermaksud melakukan pencatatan lintas. Lintas di Eropa untuk memperluas kelompol pemegang saham, meningkatkan kesadaran terhadap produk mereka dan/atau membangun kesadaran masyarakat terhadap perusahaan, khususnya negara-negara dimana perusahaan memiliki operasi yang signifikan dan/atau pelanggan utama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s